Cara Cepat Hamil Setelah KB Spiral

Diposting pada

Bagi anda yang ingin hamil setelah KB, khususnya KB spiral, penting untuk mengetahui beberapa cara cepat hamil setelah KB spiral ini.

Sejak akhir tahun 70-an, program keluarga berencana sudah direncanakan oleh pemerintah. Dimana program keluarga berencana ini memiliki tujuan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera, dengan cara membatasi kelahiran anak. Kelahiran anak dibatasi dalam satu keluarga, hanya dua saja.

Untuk mendukung program keluarga berencana tersebut, pada akhirnya munculah beberapa pilihan alat KB atau kontrasepsi yang bisa dipilih. Dari beberapa alat KB, salah satunya ada yang disebut dengan KB spiral. KB spiral lumayan banyak dipilih oleh wanita karena diketahui lebih efektif dalam mencegah kehamilan. Namun meskipun begitu, bukan berarti KB yang lainnya tidak efektif mencegah kehamilan.

Cara Cepat Hamil Setelah KB Spiral

Jenis KB Spiral

Alat KB atau kontrasepsi spiral itu sendiri sering juga disebut dengan IUD, yang mana merupakan alat kontrasepsi yang diletakan pada rahim wanita, tepatnya di tengah-tengah rahim. Alat KB yang satu ini memiliki bentuk T dengan panjang sekitar 3 sampai 4 cm dan pada ujungnya dilengkapi dengan benang atau string.

KB spiral itu sendiri terdiri dari dua jenis, yakni KB spiral yang dilapisi dengan tembaga dan KB spiral yang mengandung hormon. Berikut ini penjelasannya.

  • KB spiral berlapis Tembaga

KB spiral yang satu ini mengandung tembaga, tidak mengandung hormon. Dimana KB ini dapat mencegah kehamilan sampai 10 tahun sejak dilakukannya pemasangan pada hari pertama.

Cara kerja KB spiral berlapis tembaga ini yaitu dengan mencegah terjadinya pembuahan pada sel telur, yakni dengan langkah melepaskan secara perlahan unsur tembaga. Yang mana tembaga pada rahim akan menghalangi sel sperma untuk mencapai rahim. Intinya, KB spiral ini dapat mecegah terjadinya proses pembuahan.

  • KB spiral mengandung hormon

Berbeda halnya dengan alat KB spiral tembaga, KB spiral ini dilapisi oleh hormon yang disebut dengan hormon progestin. Dalam sekali pasang, KB spiral yang dilapisi dengan hormon ini dapat mencegah kehamilan selama kurang lebih 3 sampai 5 tahun, berdasarkan merek alat KB yang digunakan. Hanya saja, dari ketahanan, KB spiral hormon ini tidak lebih lama dibandingkan dengan KB spiral tembaga.
Cara kerja KB spiral yang mengandung hormon yaitu dengan mencegah terjadinya proses pembuahan sel telur. KB spiral ini akan mencegah terjadinya penebalan dinding rahim, sehingga akibatnya sel telur yang sudah dibuahi tidak akan tumbuh. Tidak hanya itu, dengan KB ini juga dapat membuat leher rahim dipenuhi dengan lendir yang sangat lengket. Karena seperti itu, sperma tidak akan bisa masuk ke dalam rahim.

Bagi mereka yang menggunakan KB spiral dan ingin memutuskan memiliki anak kembali, maka KB spiral yang dipasang di rahimnya pada akhirnya akan dilepas. Setelah melepas KB spiral ini, tidak sedikit wanita yang bertanya-tanya apakah dirinya bisa segera amil setelah KB spiral? Dan bagaimana cara cepat hamil setelah KB spiral?

Pada setiap wanita, pengaruh setelah melepas alat kontrasepsi yang satu ini sebenarnya berbeda-beda.
Sebenarnya KB spiral merupakan alat kontrasepsi yang tidak akan mengganggu siklus menstruasi dan tingkat kesuburan seseorang.

Nah, bagi anda yang ingin segera hamil setelah melepas KB spiral, simak beberapa cara cepat hamil setelah KB spiral di bawah ini:

Cara Cepat Hamil Setelah KB Spiral

Melakukan Konsultasi dengan Dokter

Setelah lepas KB spiral, langkah pertama yang harus anda lakukan jika anda ingin cepat hamil yaitu dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan. Temui dokter anda dan katakan padanya bahwa anda siap melepaskan KB spiral, serta siap untuk menjalankan program hamil lagi. Dokter akan memberikan informasi dan saran kepada anda mengenai waktu yang dibutuhkan supaya anda bisa kembali hamil lagi setelah KB spiral.

Selain hal itu, dokter akan membahas mengenai efek samping yang dapat mempengaruhi peluang untuk bisa hamil lagi. Meskipun begitu, biasanya cukup jarang ditemukan efek yang berbahaya.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Setelah melepaskan KB spiral, penting untuk merawat tubuh anda sendiri. Merawat tubuh berarti dengan menjaga kesehatan tubuh anda sendiri. Cobalah untuk menerapkan gaya hidp yang sehat. Jika sebelumnya anda memiliki kebiasaan buruk, maka demi keinginan hamil kembali terwujud, cobalah untuk tinggalkan kebiasaan tersebut. Mulailah terapkan pola hidup sehat agar tubuh siap untuk menerima kehamilan.

Selain itu, terapkan pula pola makan yang sehat dan tepat. Konsumsilah makanan sehat yang mengandung gizi seimbang. Dokter mungkin akan menyarankan pada anda untuk mengkonsumsi vitamin prenatal. Hindari kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan kafein.

Anda juga dapat menjaga kesehatan dan melakukan olahraga. Pastikan tubuh anda mendapatkan cukup olahraga.

Tidak hanya itu, penting bagi anda untuk menghindari keadaan stres. Keadaan stres dapat mempengaruhi peluang anda untuk bisa cepat hamil lagi.

Istirahat Selama 1-2 Bulan

Untuk memulihkan rahim setelah melepaskan KB spiral, waktu yang tepat untuk beristirahat yaitu sekitar 1 sampai 2 bulan. Meskipun pada umumnya wanita tidak akan merasakan sakit saat KB spiral dilepaskan, akan tetapi menghindari pendarahan tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, pelepasan KB spiral ini biasanya dilakukan saat wanita sedang mengalami mentruasi sehingga darah karena dilepaskannya KB spiral ini akan keluar bersamaan dengan darah haid. Setelah mengalami pendarahan, maka rahim anda harus diistirahatkan terlebih dahulu. Keadaan rahim yang kuat dan sehat akan membuat program hamil anda menjadi lebih sempurna dan keinginan untuk memiliki anak kembali segera terwujud.

Berovulasi dengan Normal

Agar anda cepat hamil lagi setelah melepas KB spiral, maka penting untuk memastikan apakah anda masih berovulasi dengan normal, serta tanpa ada gangguan apapun yang akan menghambat. Sebagai langkah untuk melacak lendir serviks anda, maka anda dapat memanfaatkan alat pendeteksi ovulasi atau membuat catatan grafik suhu basal tubuh anda.

Jadwalkan Hubungan Intim Pada Waktu yang Tepat

Membutuhkan waktu agar anda bisa kembali hamil setelah melepaskan KB spiral. Meskipun begitu, anda jangan terlalu merasa khawatir. Berdasarkan penelitian tidak ada bukti yang menunjukan bahwa KB spiral dapat mempengaruhi kesuburan seseorang. Hanya saja, terkadang untuk mengembalikan tubuh ke fungsi semula dibutuhkan waktu.

Karena seperti itu, penting untuk mengetahui kapan waktu tubuh anda dalam keadaan paling subur. Kemudian, anda dapat menjadwalkan waktu untuk melakukan hubungan intim.

Demikian beberapa cara cepat hamil setelah KB spiral. Intinya, anda harus tetap berusaha dan berdo’a. Yakinlah bahwa anda bisa hamil lagi. Selain itu, penting bagi anda untuk menghindari hal-hal yang dapat menghambat kehamilan. Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap dan jelas, maka anda bisa melakukan konsultasi langsung dengan bidan atau dokter kandungan anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *