Cara Cepat Hamil Setelah KB Implan

Diposting pada

KB implan merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih karena dianggap lebih sederhana dan persentase mencegah kehamilan lebih efektif. Namun, bagi anda yang memutuskan melepaskan KB implan agar cepat hamil, maka penting mengetahui cara cepat hamil setelah KB implan ini agar keinginan anda segera terwujud.

Setelah menikah, beberapa pasangan langsung merencanakan program hamil namun beberapa pasangan yang lainnya justru menunda kehamilan. Untuk menunda atau mengontrol kehamilan, mereka memutuskan menggunakan alat KB atau alat kontrasepsi. Dengan alat KB atau kontrasepsi tersebut, pasangan bisa dengan mudah mengontrol waktu untuk merencanakan kehamilan. Dengan hal ini maka dapat membantu pasangan dalam merencanakan waktu terbaik untuk memiliki anak.

Untuk mencegah kehamilan, beberapa alat KB atau kontrasepsi dapat digunakan, dimana salah satunya yaitu KB implan. KB implan itu sendiri merupakan salah satu alat kontrasepsi yang cukup banyak digunakan. KB implan memiliki kelebihan yakni lebih sederhana dan persentase dalam mencegah kehamilan cukup tinggi.

Cara cepat hamil setelah kb implan

KB implan itu sendiri mangandung hormon yang akan mencegah indung telur dalam melepaskan sel telur yang dihasilkan dan berperan untuk mempertebal muskus yang terdapat pada dinding mulut rahim, yang mana akibatnya sperma akan menjadi sulit masuk dalam rahim. Tidak hanya itu, hormon ini juga akan menjaga rahim agar tetap tipis sehingga akibatnya telur yang sudah dibuahi akan menjadi sulit menempel pada dinding rahim.

Setelah pasangan siap memiliki anak, maka pasangan akan memutuskan untuk melepaskan KB dan menjalankan program hamil agar keinginan memiliki anak segera terwujud.
Dalam merencanakan program hamil setelah KB implan, agar cepat hamil beberapa hal perlu anda ketahui seperti berikut ini.

Cara Cepat Hamil Setelah KB Implan

Istirahat

Apabila anda ingin hamil setelah KB implan, maka tubuh harus menyesuaikan diri terlebih dahulu terhadap pengendalian hormon tertentu. Penggunaan alat kontrasepsi dalam bentuk hormonal seperti KB implan, kelenjar endokrin atau kelenjar yang menghasilkan hormon kehamilan akan ditekan. Agar kelenjar tersebut dapat kembali berfungsi dengan baik, maka keadaan ini harus anda pulihkan. Jika kelenjar ini dapat bekerja dengan baik, maka kehamilan yang anda dambakan tersebut bisa segera terwujud. Yang mana proses pemulihan atau istirahat ini membutuhkan sekitar 1 sampai 3 bulan.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Dalam merencanakan kehamilan, mengkonsumsi makanan sehat penting untuk dilakukan. Tubuh harus mendapatkan nutrisi yag baik, karena dengan seperti itu maka metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar dan baik pula. Kecukupan nutrisi pada tubuh merupakan salah satu persiapan untuk proses pembuahan kelak. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi yaitu makanan yang mengandung DHA, AHA, omega-3 dan lain sebagainya, yang mana anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan, sayuran, daging rendah lemak, ikan dan lain sebagainya.

Menjaga Agar Tubuh Tetap Bugar

Agar cepat hamil setelah melepaskan KB implan, maka penting untuk menjaga agar tubuh tetap bugar. Agar tubuh tetap bugar, anda bisa melakukan kegiatan fisik dengan olahraga secara teratur. Dengan berolahraga, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar. Anda dapat melakukan jalan kaki, yang mana dengan kegiatan tersebut kelenjar endokrin dapat kembali lancar. Apabila anda melakukan olahraga dengan rutin dan teratur, maka kesehatan ibu dan janin nantinya akan tetap terjaga.
Selain melakukan aktivitas fisik dengan olahraga, agar tubuh tetap bugar anda dapat mengoptimalkan waktu istirahat anda. Dalam mempersiapkan rahim untuk pembuahan, diperlukan istirahat total.

Hindari Stres

Seperti yang kita ketahui, stres merupakan keadaan yang berdampak buruk untuk kesehatan. Agar anda mendapatkan kehamilan yang baik setelah KB implan, maka anda harus mampu menjaga agar metabolisme tubuh tetap fit. Dimana salah satu caranya yaitu dengan menghindari keadaan stres. Saat mengalami stres sistem metabolisme tubuh akan menjadi terganggu. Yang mana keadaan ini akan berdampak pada sulitnya mendapatkan kehamilan.

Mengkonsumsi Suplemen Penyubur

Mengkonsumsi suplemen penyubur dapat membantu anda agar kehamilan yang anda dambakan segera terwujud. Namun, untuk hal ini sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda. Dokter akan memberikan saran yang tepat mengenai hal ini.

Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang diketahui dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Lakukan Hubungan Intim Pada Waktu yang Tepat

Penting untuk mengetahui kapan masa subur tubuh anda. Setelah anda mengetahui masa subur tubuh anda, maka pada waktu itulah anda dapat melakukan hubungan intim. Berhubungan intim pada masa subur akan memperbesar peluang anda untuk mendapatkan kehamilan.

Wanita yang sehat dan tidak merokok, serta berada pada usia produktif seharusnya dapat dibuahi dengan mudah di sekitar hari ovulasi mereka.

Normalnya, siklus menstruasi terjadi sekitar 28 hari. Yang mana ovulasi itu sendiri terjadi pada sekitar hari ke 14 dari siklus tersebut. Ovum atau sel telur akan dilepaskan oleh ovarium, kemudian akan bergerak menuju tuba falopi. Apabila dalam 2 sampai 4 hari ke depan telur ini berhasil dibuahi, maka telur akan tertanam pada dinding rahim, yang mana anda akan dinyatakan positif hamil. Waktu terbaik berhubungan intim agar cepat hamil yaitu dalam rentang waktu 2-4 hari sebelum ovulasi.

Untuk mengetahui kapan masa ovulasi dan masa subur, anda bisa mengetahuinya dengan metode berikut ini:

Metode Mendeteksi Masa Subur

  • Ukur Suhu Tubuh

Metode yang dianggap paling baik untuk mendeteksi kapan masa paling subur tubuh anda yaitu dengan mengamati dan mencatat suhu tubuh selama siklus menstruasi. Saat menstruasi dimulai, suhu tubuh wanita akan berada pada posisi terendah dan suhu tubuh akan berada pada posisi tertinggi ketika berovulasi.

Anda dapat memeriksa dan mencatat suhu tubuh anda dengan menggunakan termometer basa pada waktu yang sama dalam setiap harinya selama siklus menstruasi berlangsung. Apabila anda sudah memetakan suhu tubuh anda, setidaknya 3 siklus menstruasi, maka anda bisa dengan mudah menentukan kapan hari ovulasi anda.

  • Memperhatikan Lendir

Munculnya lendir pada leher rahim dapat menjadi indikator ovulasi. Selama ovulasi, maka lendir yang diproduksi oleh tubuh akan lebih banyak yang berperan untuk memfasilitasi kemungkinan terjadinya pembuahan.

Anda dapat memeriksa lendir dengan cara membersihkan area genital anda dengan menggunakan tisu ataupun kain bersih setiap hari pada waktu yang sama, lalu anda bisa mengamatinya. Ketika hari-hari non-ovulasi, maka jumlah lendir akan kurang, serta warnanya bening seperti air. Semakin mendekati hari ovulasi, maka lendir akan menjadi lebih berwarna putih seperti putih telur dan teksturnya akan lebih licin. Selain itu, vulva menjadi lebih basah. Yang mana dalam keadaan ini anda bisa mulai pembuahan.

  • Menghitung dengan Kalender

Menghitung dengan kalender merupakan metode sederhana yang dapat anda lakukan. Anda dapat menandai hari pertama anda mengalami menstruasi, kemudian lakukan hal yag sama setidaknya 10 siklus berikutnya. Dengan seperti itu anda akan mengetahui rata-rata durasi siklus menstruasi.

  • Alat

Apabila anda tidak sabar dan ingin hasil yang lebih cepat, maka anda dapat menggunakan alat untuk mendeteksi ovulasi. Untuk mendeteksi kadar Luteinizing Hormone (LH) dengan alat ini biasanya menggunakan urin. Sekitar waktu ovulasi, maka hormon LH akan meningkat. Anda dapat menggunakan alat ini dan mengombinasikannya dengan metode yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *