17 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Cara Alami meningkatkan Kesuburan Wanita – Kesuburan memang menjadi hal yang paling penting bagi setiap wanita. Pasalnya, kesuburan menjadi salah satu faktor yang sangat menunjang bagi setiap wanita untuk mendapatkan kehamilan. Berikut beberapa cara meningkatkan kesuburan pada wanita secara alami.

Siapa wanita yang tidak menginginkan untuk mempunyai keturunan. Tentunya, semua wanita atau pasangan yang sudah lama menikah mengharapkan hadirnya seorang anak di kehidupan rumah tangga mereka. Sayangnya, tidak setiap pasangan yang sudah menikah dikaruniai buah hati dengan mudah dan juga cepat. Hal ini tentunya bukan tanpa sebab, melainkan adanya beberapa faktor baik dari wanita maupun pria yang tentunya menjadi sebuah penghalang untuk mendapatkan kehamilan.

Berbagai faktor baik dari pria maupun wanita tentunya harus menjadi permasalahan yang cukup besar. Kondisi ini pastinya menjadi PR yang besar bagi setiap pasangan untuk mengatasinya. Terlebih jika faktor tersebut berasal dari wanita yakni kesuburan yang terganggu. Hal inilah yang tentunya menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh setiap wanita.

Untuk meningkatkan kesuburan pada wanita tentunya harus ada beberapa tips dan juga cara yang dapat wanita lakukan demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika Anda termasuk pada salah satu wanita yang mengalami gangguan pada masalah kesuburan. Berikut kami sajikan beberapa cara alami meningkatkan kesuburan pada wanita yang dapat Anda lakukan sebagai bagian dari program hamil Anda.

Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita

cara alami meningkatkan kesuburan wanita

Faktor yang sangat penting yang tentunya menjadi syarat jika seorang wanita ingin mendapatkan kehamilan, yakni kesuburan. Fase ini tentunya menjadi salah satu fase yang terjadi setiap bulan pada wanita pasca menstruasi. Kondisi inilah yang tentunya sangat baik bagi seorang wanita untuk mendapatkan kehamilan. Baca juga: 9 Tips Program Hamil Anak Ketiga | Penyebab & Caranya

Jika seorang wanita mengalami gangguan pada kesuburannya, tentunya ini menjadi salah satu faktor yang harus diatasi sesegera mungkin. Disamping cara yang modern, terdapat juga cara alami meningkatkan kesuburan pada wanita. Tentunya, cara alami memang lebih aman dan juga bagus bagi wanita meskipun terbilang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Masalah kesuburan memang sangat berkaitan dengan gaya hidup Anda sebagai wanita. Jika saat ini Anda memiliki pola hidup yang buruk tentunya inilah yang menjadi salah satu penyebab kesuburan Anda terganggu. Untuk memberikan Anda kemudahan, lakukan hal dan juga cara di bawah ini dengan baik.

Serap sinar matahari

Lakukan cara pertama ini setiap pagi sebelum melakukan aktivitas apapun. Sinar matahari pada pagi hari tentunya dipercaya dapat meningkatkan kesuburan baik pada wanita maupun pada pria. Seperti yang kita tahu bahwa sinar matahari mengandung vitamin D yang tentunya dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan juga progesteron. Kedua hormon inilah yang berperan untuk mengatur periode dan juga membuat konsepsi yang lebih baik pada tubuh wanita. Tentunya vitamin D pada dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria juga. Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pada Pria

Tetap rileks

Jika Anda sudah tahu bahwa kesuburan Anda terganggu, tentunya Anda jangan berlarut-larut memikirkan hal tersebut. Alangkah baiknya jika Anda melakukan sesuatu yang memang membuat kesuburan Anda menjadi lebih stabil. Cobalah untuk tetap rileks dan juga santai. Jika Anda terus memikirkan akan gangguan kesuburan yang menimpa Anda, kondisi inilah yang dikhawatirkan membuat Anda lebih stres dan juga lebih memperburuk keadaan.

Perhatikan asupan air putih

Bagaimanapun juga, air putih memang sangat berperan dalam kesehatan tubuh manusia. Air putih tentunya dapat membuat kesehatan Anda terjaga. Jika seseorang kurang asupan air putih tentunya ini menjadi awal terganggunya kesehatan Anda.

Seorang pakar kesuburan wanita yakni yaitu Zita Wesy menyatakan bahwa Jika seseorang kurang memiliki asupan air minum, maka sistem reproduksi akan kehilangan energi yang tentunya dapat menyebabkan organ vital menjadi cukup terganggu. Air minum tentunya dapat menjaga suplai darah ke otak menjadi lancar. Kondisi ini tentunya dapat memperkuat lapisan rahim jika Anda mengalami dehidrasi sehingga cairan serviks menjadi lebih lamban.

Sediakan waktu untuk beristirahat

Jika Anda mengalami stres yang sangat berlebih tentunya memiliki dampak yang cukup besar untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Selain itu, stres pada pria dapat memperlambat produksi sperma dan juga membuat libido menjadi sangat rendah.

Jadilah ratu kebersihan

Wanita yang memiliki kebiasaan dalam hal apapun cukup bersih tentunya menjadi faktor positif sebagai cara alami meningkatkan kesuburan wanita. Seorang wanita yang lebih terbiasa melakukan pekerjaan rumah seperti berkebun dan juga membersihkan rumah dapat memiliki peluang yang cukup besar untuk hamil dibandingkan wanita yang tidak melakukan aktivitas tersebut sama sekali. Kegiatan ini tentunya dapat menghentikan produksi insulin yang tentu dapat membahayakan perkembangan sel telur.

Minum multivitamin

Dari hasil penelitian Royal Free Hospital, London menyatakan bahwa wanita yang memiliki tubuh yang sehat dapat memiliki kesuburan yang baik pula. Wanita yang memiliki kesuburan yang terganggu tentunya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin yang penting seperti vitamin B12, Selenium dan juga asam folat. Vitamin inilah yang tentunya dapat meningkatkan kesehatan dan juga kesuburan pada wanita.

Konsumsi lebih banyak ikan

Ikan tentunya memiliki kandungan omega 3 yang cukup banyak. Kandungan yang dimiliki oleh minyak ikan dapat mencegah resiko keguguran dan juga dapat meningkatkan kualitas sperma. Seorang ahli gizi bernama Marilyn Glenville menyatakan bahwa lemak esensial yang ada pada ikan dapat berfungsi membuat hormon menjadi lebih baik, namun sayangnya hal ini belum diketahui oleh banyak orang.

Kurangi konsumsi kafein

kafein memang menjadi pereda stres, namun jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalankan program hamil tentunya ini menjadi masalah yang cukup besar bagi mereka. Mengonsumsi kopi setiap hari tentunya dapat mengurangi kesempatan pada wanita untuk bisa hamil. Kafein yang terdapat pada kopi tentunya dapat mengurangi aktivitas otot-otot pada tuba falopi. Otot-otot inilah yang berfungsi untuk membawa sel telur dari ovarium.

Jaga berat badan tetap ideal

cara alami meningkatkan kesuburan wanita

Jika seorang wanita memiliki berat badan yang terlalu gemuk dan juga terlalu kecil tentunya ini menjadi sebuah permasalahan bagi wanita. Pasalnya, badan yang terlalu kurus dan juga besar berisiko memiliki gangguan kesuburan yang cukup tinggi. Bagi yang memiliki tubuh yang gemuk tentunya lemak tubuh dapat menghasilkan hormon estrogen yang dapat membuat siklus tubuh berovulasi. Tentunya, Anda dianjurkan untuk menghilangkan 5% dari berat badan Anda sebagai cara meningkatkan kesuburan pada wanita. Hal ini dapat meningkatkan wanita pembuahan pada wanita.

Indeks Massa Tubuh pada wanita sebelum hamil berkisar antara 25-39 dan dianggap sebagai orang yang kelebihan berat badan sehingga sangat sulit untuk mendapatkan kehamilan. Sedangkan pada Indeks Massa Tubuh yang kurang dari 19 normalnya adalah sekitar 18,5 – 24,9 sehingga lebih sulit hamil. Untuk itu, jaga berat badan Anda agar lebih ideal.

Konsumsi lebih banyak susu

Bagi Anda yang memiliki gangguan pada masalah kesuburan. Lebih banyak mengonsumsi susu tentunya hal yang paling dianjurkan bagi Anda. Segelas susu yang Anda konsumsi setiap hari dapat mengurangi risiko infertilitas. Sebuah penelitian di Harvard University mengatakan bahwa lemak yang berasal dari susu dapat membantu indung telur dan juga ovarium untuk terus bekerja dengan sangat baik.

Lakukan hubungan seksual

Bukan berarti pasangan yang melakukan hubungan seksual yang sering dapat berpeluang lebih besar untuk mendapatkan kehamilan. Dugaan tersebut tidaklah benar, bagi pasangan yang melakukan hubungan seksual setidaknya seminggu sekali dapat memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan keturunan. Tentunya, jika Anda ingin memiliki seorang anak, mengetahui masa subur ialah sesuatu hal yang memang dianjurkan bagi Anda. Melakukan hubungan seksual pada masa subur tentunya memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan kehamilan dibandingkan yang melakukan hubungan seksual tanpa mengetahui masa subur sama sekali.

Jauhi rokok

Rokok tentunya sudah tidak diragukan lagi akan bahaya dan juga gangguan kesehatan pada tubuh manusia. Merokok menjadi sebuah aktivitas yang harus ditinggalkan oleh setiap orang. Merokok tentunya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap produksi sel telur pada wanita. Pada pria, kandungan zat yang ada pada rokok dapat menyebabkan kerusakan DNA dan juga mengurangi produksi sel sperma. Jika Anda tengah melakukan program hamil, tentunya disarankan untuk menjauhi rokok sebisa mungkin. Terlebih lagi jika Anda sudah hamil, sebaiknya hentikan merokok sesegara mungkin. Merokok saat hamil tentunya memiliki peluang yang cukup besar dalam menyebabkan keguguran pada wanita yang sedang hamil.

Jauhi pestisida dan juga zat kimia berbahaya

Racun baik dari pestisida maupun zat kimia lainnya tentunya memiliki peluang untuk mengganggu kesuburan baik pada wanita dan juga pria. Zat pestisida biasanya dipakai sebagai zat dalam menyuburkan tanaman dan juga menghilangkan hama. Sayuran dan juga buah-buahan sangat banyak yang mengandung pestisida.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk mencuci terlebih dahulu buah dan juga sayur sebelum Anda memasak dan juga mengonsumsinya. Selain itu, paparan dari bahan kimia dan juga pelarut pakaian yang biasa digunakan untuk laundry memiliki pengaruh yang buruk pada kesuburan wanita.

Kurangi karbohidrat olahan

Tentunya, beberapa ahli menyatakan bahwa diet tinggi dari karbohidrat olahan seperti pasta, biskuit dan juga roti putih. Olahan karbohidrat yang kita konsumsi tentunya dapat mempengaruhi kehamilan. Makanan olahan karbohidrat tentunya dapat meningkatkan gula dalam darah. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan lonjakan insulin sehingga dapat mengganggu kesuburan pada pria.

Lakukan akupunktur

Jika Anda mengalami gangguan pada masalah kesuburan, Anda bisa mencoba akupunktur. Terapi ini tentunya dapat merangsang titik-titik tertentu pada seluruh bagian tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu dalam meningkatkan aliran darah ke rahim dan juga mengontrol ovulasi. Akupunktur tentunya dipercaya dapat meningkatkan kemungkinan sel telur untuk dibuahi.

Jauhi alkohol dan narkoba

Wanita perokok dan juga sering mengonsumsi alkohol memiliki risiko yang cukup besar untuk menurunkan sel telur dan juga sperma. Selain itu, alkohol dan juga minuman keras dapat meningkatkan sel sperma yang tidak normal sehingga dapat menyebabkan sel sperma terganggu.

Konsumsi makanan peningkat kesuburan

Makanan sehat tentunya memiliki pengaruh untuk kesehatan pada tubuh. Tentunya, ada beberapa jenis makanan yang tentu mengandung zat-zat yang memang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang program hamil Anda. Berikut beberapa makanan yang memiliki zat untuk mendukung program hamil Anda, diantaranya:

– Asam folat

Tentunya, asam folat memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang kehamilan pada wanita. Asam folat tentunya dapat melancarkan proses ovulasi. Beberapa makanan yang mengandung asam folat yang tinggi diantaranya jagung, kacang hijau, bayam, asparagus dan juga buah-buahan seperti jeruk, pepaya dan juga alpukat.

– Vitamin E

Vitamin E memiliki manfaat yang cukup besar sebagai cara alami meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu, vitamin E pada makanan dapat menjaga kualitas sel telur. Beberapa menu makanan yang mengandung vitamin E seperti paprika merah, sawi dan juga biji matahari memang menjadi menu makanan yang memang wajib ada bagi Anda yang melakukan program hamil.

– Zat besi

Tentunya, tidak hanya vitamin E, kandungan zat besi pada makanan juga mampu menjaga kualitas sel telur tetap baik. Kandungan zat besi pada kacang tanah, bayam dan juga kentang memang menjadi menu andalan pada makanan Anda.

Lakukan aktivitas yang tetap dan juga rutin

Beberapa penelitian membuktikan bahwa wanita yang aktif melakukan aktivitas yang rutin dan juga tetap. Wanita yang selalu beraktivitas dapat memiliki peluang yang lebih besar jika dibandingkan dengan wanita yang kurang beraktivitas.