Benarkah Konsumsi Makanan Pedas Berpengaruh Untuk Program Hamil ?

Diposting pada

Benarkah Konsumsi Makanan Pedas Berpengaruh Untuk Program Hamil ? – Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi makanan pedas akan menyebabkan sakit perut. Namun, banyak beredar informasi bahwa konsumsi makanan pedas akan berpengaruh untuk wanita yang sedang menjalankan program hamil. Mengonsumsi makanan pedas dikatakan akan menyebabkan panas pada rahim. Benarkan demikian? Agar tidak keliru anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Benarkah Konsumsi Makanan Pedas Berpengaruh Untuk Program Hamil ?
Sumber gambar : Selerasa.com

Benarkah Konsumsi Makanan Pedas Berpengaruh Untuk Program Hamil ?

Ketika sedang menjalankan program hamil, ada beberapa makanan yang menjadi pantangan demi program hamil yang sukses. Sehingga memilah dan memilih makanan akan dilakukan. Menurut beberapa orang, mengonsumsi makanan pedas tidak dianjurkan ketika program hamil. Padahal sebenarnya itu hanya mitos belaka. Belum ada penelitian yang menyatakan konsumsi makanan pedas akan menyebabkan kesuburan terganggu.

Masalah kesuburan pada wanita hubungannya dengan hormon yang tidak seimbang atau adanya kelainan di organ reproduksi. Akan tetapi tetap saja, kondisi ini masih perlu dibuktikan melalui pemeriksaan medis.

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Program Hamil

Untuk para wanita yang sedang menjalankan program hamil, sebaiknya memperhatikan asupan gizinya. Ada beberapa jenis makanan yang bagus dikonsumsi saat melakukan program hamil seperti berikut ini.

Lemak Sehat

Tidak semua lemak berbahaya untuk tubuh. Terdapat beberapa lemak yang baik dikonsumsi sebagai makanan saat program hamil. Contohnya asam lemak omega-3, serta asam lemak omega-6. Asam lemak ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Hindari konsumsi lemak trans yang terdapat pada gorengan, sebab lemak ini akan mempengaruh hormon insulin yang akan menyebabkan terganggunya kesuburan.

Protein

Protein bermanfaat untuk memperbaiki jaringan dan sel tubuh rusak, serta bermanfaat untuk produksi asam amino. Asam amino itu sendiri berperan untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh janin dan ibu. Tidak hanya itu, protein juga berperan untuk membuat jumlah darah meningkat dalam tubuh dan membantu jaringan payudara dan rahim berkembang saat hamil nanti. Makanan dengan kandungan protein bisa didapatkan dari tempe, telur, tahu, keju, susu, seafood, kacang-kacangan dan daging.

Karbohidrat

Selain itu, makanan sehat lainnya untuk program hamil yaitu karbohidrat. Karbohidrat menjadi sumber energi penting. Agar peluang hamil lebih besar, dianjurkan mengonsumsi karbohidrat 300 hingga 350 gram dalam sehari. Anda dapat memilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks ataupun karbohidrat dari gandum utuh, kentang, buah-buahan, beras merah, oatmeal dan sayuran.

Asam Folat

Nutrisi ini sangat penting untuk mendukung program hamil. Mengonsumsi nutrisi ini sebelum atau setelah anda hamil akan menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin. Selain itu, asam folat juga akan mengurangi risiko mengalami preeklamsia. Asam folat terkandung pada makanan seperti kacang polong, sayuran berdaun hijau, alpukat dan jeruk.

Vitamin

Mencukupi kebutuhan vitamin harian sangat penting, terutama jika anda sedang menjalankan program hamil. Ada beberapa jenis vitamin yang akan mendukung program hamil seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6 dan vitamin B12.

Mineral

Selanjutnya asupan yang harus dipenuhi yaitu mineral. Mineral yang ada pada suplemen ataupun makanan memiliki peran untuk meningkatkan peluang hamil. Adapun jenis mineral yang dimaksud yaitu kalsium, zinc dan zat besi.

Demikian penjelasan terkait konsumsi makanan pedas saat program hamil dan beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat menjalankan program hamil. Semoga bermanfaat.