Bagaimana Cara Cepat Hamil Untuk Wanita Kurus?

Diposting pada

Dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan ideal, wanita kurus diketahui lebih sulit hamil, namun bukan berarti tidak bisa hamil. Untuk memperbesar peluang cepat hamil bagi wanita kurus, penting mengetahui cara cepat hamil untuk wanita kurus.

Apakah anda sedang menjalankan program hamil? Agar progam hamil berjalan dengan lancar dan keinginan segera hamil dapat terwujud, maka beberapa hal perlu diperhatikan. Salah satu syarat agar anda bisa cepat hamil yaitu berat badan. Berat badan ideal akan semakin memperbesar peluang anda untuk hamil.

Apabila berat badan berlebih atau bahkan terlalu kurus maka hal tersebut dapat menyulitkan seseorang untuk hamil. Meskipun begitu, bukan berarti jika wanita kurus tidak bisa hamil. Wanita kurus tetap bisa hamil, hanya saja untuk mendapatkan kehamilan tidak semudah wanita yang memiliki berat badan ideal. Berat badan yang kurang atau badan terlalu kurus dapat menjadi indikasi tubuh kekurangan nutrisi yang akan berpengaruh pada kesuburan rahim. Sedangkan seperti yang kita tahu, untuk menjalankan kehamilan dibutuhkan nutrisi yang cukup banyak agar janin dapat berkembang dengan baik.

Cara Cepat Hamil Untuk Wanita Kurus

Mengapa Berat Badan Dapat Mempengaruhi Kehamilan?

Jumlah lemak yang ada pada tubuh nyatanya dapat mempengaruhi kesuburan. Lemak diperlukan untuk memproduksi hormon estrogen, yang mana hormon ini dibutuhkan untuk proses terjadinya menstruasi. Apabila hormon estrogen dalam tubuh sedikit, maka akibatnya siklus menstruasi dan ovulasi akan menjadi berkurang. Tidak hanya itu, lemak tubuh yang kurang atau terlalu sedikit akan mempengaruhi aliran hormon dari otak menuju kelenjar hipofisi. Sinyal yang berasal dari kelenjar hipofisi yang memiliki peran untuk memberitahu ovarium agar melepaskan sel telur tidak akan terjadi. Apabila periode ini anda lewatkan, maka itu berarti tubuh anda tidak akan melepaskan sel telur selama setiap siklus. Apabila tubuh anda tidak dapat melepaskan sel telur, meskipun sel telur sehat anda miliki, maka sel telur tersebut akan tetap berada pada ovarium. Sehingga akibatnya anda akan memiliki risiko lebih tinggi memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur apabila berat badan yang anda miliki kurang dari normal. Dengan siklus menstruasi yang tidak teratur ini, maka keinginan anda untuk hamil akan lebih sulit.

Cara Menghitung Lemak Tubuh

Agar berovulasi dan siklus menstruasi menjadi normal, setidaknya anda memiliki lemak tubuh minimal sebanyak 22%. Akan cukup sulit mengukur berapa lemak tubuh yang anda miliki agar periode menstruasi normal. Untuk mengukur persentase lemak tubuh, anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan alat khusus.

Akan tetapi, cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah tubuh memiliki lemak cukup agar menstruasi normal yaitu dengan mengukur Indeks Masa Tubuh atau IMT. Apabila IMT menunjukan berat badan normal, maka itu artinya anda memiliki lemak yang cukup dalam tubuh agar terjadi menstruasi.

Lemak tubuh dibutuhkan dan penting untuk menjaga siklus menstruasi. Karena seperti itu, seseorang yang memiliki berat badan yang rendah atau tubuhnya terlalu kurus mungkin akan sulit hamil. Seseorang yang terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, serta diet ketat bisa saja memiliki IMT rendah yang akan berdampak pada siklus menstruasi dan menyebabkan dirinya sulit hamil.

Bagaimana Cara Cepat Hamil Untuk Wanita Kurus?

Konsultasi Pada Dokter

Apabila anda memiliki berat badan kurang dan siklus menstruasi tidak teratur atau bahkan siklus menstruasi berhenti, maka sebaiknya anda konsultasikan pada dokter agar keadaan ini dapat segera diatasi.

Mendapatkan berat badan normal sebelum hamil adalah langkah supaya anda mendapatkan bayi sehat. Apabila saat hamil berat badan anda kurang, salah satunya melahirkan bayi dengan berat lahir rendah atau bayi prematur.

Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang adalah hal penting yang harus dilakukan. Bagi wanita kurus agar keinginan cepat hamil dapat segera terwujud, maka ia harus menerapkan pola makan yang sehat. Beberapa makanan tertentu disarankan bagi wanita yang mendambakan kehamilan seperti misalkan asam folat, zat besi, DHA, vitamin dan nutrisi yang lainnya agar daya tahan tubuh baik dan rahim lebih siap untuk dibuahi.

Penting bagi calon ibu untuk menghindari makanan yang tidak sehat, seperti misalkan makanan yang mengandung pengawet dan bahan berbahaya yang lainnya agar kesehatan janin yang nanti akan dikandung tetap terjaga.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Anda harus menjaga agar tubuh anda terhindar dari stres, menghindari aktivitas yang berlebihan, mencukupi waktu istirahat serta hal lainnya yang dapat menghambat kehamilan. Apabila anda menerapkan pola hidup sehat, maka tubuh akan lebih fokus melakukan pembuahan.

Pola hidup yang tidak sehat akan mengganggu proses metabolisme tubuh. Yang mana hal ini justru akan menghambat kesuburan.

Lakukan Hubungan Intim Pada Waktu yang Tepat

Untuk mempercepat terjadinya proses pembuahan, maka anda dapat melakukan hubungan intim pada waktu yang tepat. Anda harus mengetahui kapan masa subur tubuh anda. Masa subur pada setiap wanita tidaklah sama. Anda dapat melakukan hubungan intim saat masa subur.
Berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk menghitung masa subur:

Kenali Siklus Menstruasi

  • Dalam menghitung masa subur, anda harus mengenali siklus menstruasi. Ketahui apakah siklus menstruasi anda teratur dan berapa hari jeda antara masing-masing siklus. Apabila anda tidak yakin, maka anda dapat melakukan cara seperti berikut ini:
  • Ketika hari pertama menstruasi, anda dapat menandai kalender. Setelah itu, hitung berapa hari berlalu hingga tiba pada periode berikutnya atau tepatnya pada hari pertama menstruasi yang berikutnya. Yang mana jumlah hari tersebut merupakan 1 siklus menstruasi.
  • Selama 3 sampai 4 bulan anda harus melakukan hal tersebut dengan rutin agar anda bisa mendapatkan perhitungan yang akurat terhadap keteraturan siklus menstruasi anda sendiri.
  • Biasanya, rata-rata siklus menstruasi yaitu 28 hari. Siklus menstruasi masih terhitung normal apabila 23-35 hari. Akan tetapi dari bulan ke bulan, siklus menstruasi bisa saja berbeda.
    Tentukan Waktu Anda Berovulasi
  • Agar anda sukses menjalankan program hamil, maka anda harus melakukan hubungan intim pada sekitar waktu ovulasi atau pelepasan sel telur matang dari ovarium menuju tuba falopi.
    Langkah kedua yang harus anda ketahui untuk menghitung masa subur yaitu menentukan waktu ovulasi. Untuk mengetahuinya, anda bisa melakukan cara berikut ini:
  • Apabila siklus menstruasi anda teratur, maka anda dapat menentukan waktu berovulasi dengan perhitungan sederhana. Dalam 1 siklus menstruasi ovulasi biasanya akan terjadi 14 hari sebelum hari pertama menstruasi atau hari ke 14 jika panjang 1 siklus menstruasi anda yaitu tepat selama 28 hari. Sehingga apabila anda mengurangi 14 hari dari total lamanya siklus anda, maka hari ovulasi anda kemungkinan besar pada sekitar itu.
  • Akan tetapi, apabila siklus menstruasi anda tidak teratur, maka setiap harinya anda dapat mencatat suhu tubuh. Tanda wanita sedang berovulasi salah satunya yaitu suhu tubuh mengalami peningkatan setelah sebelumnya turun sampai titik terendah.

Berhubungan intim sebelum berovulasi, tepat pada hari ovulasi dan satu hari sesudahnya dapat memaksimalkan peluang anda untuk hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *