Inilah Alternatif Lengkap Pendukung Program Hamil

Diposting pada

Alternatif Lengkap Pendukung Program Hamil – Mendambakan hadirnya buah hati di kehidupan rumah tangga Anda memang menjadi impian bagi setiap orang. Sayangnya, tidak semua pasangan yang sudah menikah dikarunia keturunan. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Namun tentunya, masih ada beberapa alternatif program hamil yang dapat Anda lakukan guna mendapatkan keturunan. Berikut kami sajikan beberapa alternatif lengkap pendukung program hamil yang tentu bisa Anda jalankan sekarang juga!

Banyak sekali pasangan atau mungkin setiap pasangan ingin mendapatkan keturunan. Pasalnya, keturunan memang menjadi harta yang paling berharga bagi setiap pasangan. Dengan memiliki buah hati tentunya kehidupan rumah tangga kita akan sangat lengkap. Akan tetapi, banyak diantara kita yang tentu harus menghapus impian terbesarnya untuk mendapatkan keturunan. Hal ini tentunya buka tanpa sebab, melainkan disebabkan oleh beberapa faktor yang tentu saja tidak dapat dicegah dengan sangat mudah.

Terlepas dari hal tersebut tentunya kita semua harus mencari cara dan juga alternatif lain sebagai pendukung dalam menjalankan program hamil. Ada banyak teknik yang tentunya sangat bermanfaat bagi pasangan yang ingin mendapatkan keturunan. Teknik ini tentunya sangat berhubungan dengan program hamil yang sering dilakukan oleh kebanyakan pasangan yang ingin memiliki keturunan. Penentuan teknik yang tepat tentunya sangat mendukung program hamil. Satu hal yang pasti yang mesti Anda perhatikan ialah menjalankan program hamil dengan tepat dan juga sabar. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, tentunya ada beberapa alternatif lengkap pendukung program hamil yang tentu bisa Anda lakukan mulai saat ini! Baca juga: Suami Wajib Melakukan Tips dan Cara Ini Agar Istri Cepat Hamil

Alternatif Lengkap Pendukung Program Hamil

alternatif lengkap pendukung program hamil

Tidak dapat dipungkiri bahwa memang terdapat banyak sekali program hamil yang dilakukan dengan teknik terapi kesuburan. Pada umumnya, terapi ini diperuntukkan bagi pasangan yang memiliki masalah pada infertilitas. Terapi ini tentunya dilakukan pada kedua pasangan baik istri ataupun suami. Bagaimanapun juga, penentuan program hamil dengan teknik terapi ini tergantung pada riwayat kesehatan seseorang dan juga usianya. Terlebih bagi wanita yangtelah memasuki usia 35 tahun.

Akan tetapi, tidak semua terapi kesuburan dilakukan oleh setiap pasangan. Ini tentunya berkaitan pula dengan tingkat kesulitan seseorang dalam mendapatkan keturunan. Bagi pasangan yang sudah lama menikah, namun belum juga memiliki keturunan. Tentunya, setiap terapi harus dilakukan jika satu terapi tidak berhasil untuk mendapatkan kehamilan. Saat ini banyak sekali berbagai jenis program hamil yang dapat Anda pilih dan Anda lakukan yang tentunya sesuai dengan prosedur yang berlaku. Namun, pada pasangan yang memiliki masalah dengan kesuburan, biasanya mereka melakukan program hamil dengan terapi kesuburan seperti yang akan kami jelaskan pada poin selanjutnya.  Lihat juga: Khasiat Madu Dalam Meningkatkan Kesuburan Untuk Pria dan Wanita

Jenis-Jenis Terapi Kesuburan

Terapi kesuburan memang menjadi salah satu yang paling penting bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan. Secara umum, terapi kesuburan dibagi menjadi tiga jenis. Pembagian ini tentunya bukan tanpa sebab, melainkan terapi kesuburan tersebut memang memiliki kriteria dan juga teknik yang berbeda. Jenis yang pertama ialah sebuah terapi kesuburan dengan menggunakan obta-obatan, terapi kedua dengan prosedur bedah, sedangkan yang ketiga ialah dengan cara pembuahan buatan. Masing-masing terapi tersebut tentunya akan jelaskan seperti pada berikut ini!

Terapi dengan obat-obatan

Terapi kesuburan pertama yang biasa dilakukan oleh banyak orang ialah dengan menggunakan obta-obatan. Bagaimanapun juga, obat-obatan memang menjadi salah satu alternatif khusus yang dapat membantu mendapatkan kehamilan dengan mudah. Biasanya, obat yang digunakan untuk terapi kesuburan ini ialah clomifene. Obat ini tentunya memiliki fungsi dalam mendorong pelepasan sel telur yang terjadi secara teratur.

Pada umumnya, obat ini diberikan kepada perempuan yang mengalami proses ovulasi tidak teratur atau bahkan tidak berovulasi sama sekali. Pada masalah yang serupa tentunya tamoxifen dapat dijadikan sebagai obat alternatif yang diberikan oleh dokter. Selain itu, pada wanita yang mengalami ovulasi tidak teratur akan diberikan dopamin atau hormon GnRH (Gonadotrophin-releasing hormon). Hal ini dikarenakan hormon gonadotropin dapat merangsang ovulasi pada wanita serta memiliki manfaat yang cukup banyak untuk meningkatkan kesuburan pada pria.

Ada beberapa alternatif yang dapat dipilih oleh wanita yaitu dengan menggunakan metformin yang diperuntukkan bagi perempuan yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS). Pada kasus POCS ini tentunya ditandai dengan adanya kista di dalam ovarium. Jika dibiarkan tentunya ovarium akan melepaskan sel telur secara tidak teratur dan juga terlalu tingginya kadar hormon androgen di dalam tubuh manusia. Untuk itu, meskipun obat-obatan memang sangat diperlukan untuk pendukung program hamil, namun tetap saja harus memperhatikan prosedur yang berlaku dan aman bagi kesehatan tubuh baik pria maupun wanita.

Terapi kesuburan dengan operasi

Operasi tentunya menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan. Operasi tentunya dilakukan untuk mengatasi beberapa masalah yang ada di saluran tuba falopi. Tindakan operasi tentunya dilakukan pada perempuan yang memiliki masalah pada saluran telur. Pada kasus ini dimana saluran sel telur tertutup atau dikarenakan bekas luka yang disebabkan oleh riwayat penyakit yang Anda alami seperti infeksi dan masalah lainnya.

Pada tindakan ini tentunya operasi memang sangat dibutuhkan karena terdapat beberapa sel-sel pada lapisan rahim yang tumbuh di daerah lain dari tubuh yang dikenal dengan istilah endometriosis. Pada wanita yang mengalami masalah seperti ini, meskipun sudah diberikan obat untuk mengatasi PCOS. Namun tetap saja tidak akan berhasil jika belum dilakuakn sebuah tindakan operasi. Dalam hal ini tentunya prosedur operasi dilakukan untuk mengatasi PCOS yang biasa disebut dengan diatermi ovarium.

Selain itu, ada beberapa masalah lain yang sering dilakukan dengan prosedur operasi yakni masalah fibroid. Pada operasi ini tentunya dilakukan untuk menghilangkan fibroid dengan mempertimbangakn terlebih dahulu jika memang penyebab infertilitas tidak dapat ditemukan dengan mudah. Meskipun memang Anda harus melakukan tindakan operasi, hal tersebut tentunya tidak masalah. Anda tentunya hanya cukup fokus pada keinginan Anda untuk mendapatkan kehamilan.

Jika tindakan operasi dilakukan pada pria, hal ini tentunya diperuntukkan bagi pria yang mengalami masalah sperma. Pada beberapa pria juga tentunya akan mengalami yang namannya sel sperma yang terhambat oleh adanya kelainan di dalam epididimis atau sebuah bagian di dalam reproduksi pria yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan sel sperma. Bagaimanapun juga, tindakan operasi dilakukan untuk mengatasi varises pada testis pria dalam jumlah sel sperma yang sangat abnormal.

Pembuahan buatan

Setelah Anda melakukan beberapa alternatif pendukung program hamil, akan tetapi tidak berhasil. Salah satu langkah ampuh yang dapat Anda lakukan ialah dengan melakukan proses pembuahan buatan. Istilah untuk menggambarkan proses pembuahan buatan tersebut dikenal dengan istilah Intrauterine Insemination (IUI). Proses ini tentunya dilakukan dengan cara memasukkan sel sperma ke dalam rahim wanita secara langsung pada saat proses ovulasi.

Prosedur lainnya yang biasa digunakan ialah metode IVF yang merupakan singkatan dari in vitro fertilisation. Secara garis besar, proses pembuahan ini dilakukan melalui  IVF dengan cara mengumpulkan telur di dalam ovarium, lalu digabungkan dengan sel sperma. Perlu Anda tahu bahwa proses ini dilakukan di dalam cawan petri. Setelah itu, embrio yang dihasilkan melalui sebuah pembuahan di luar rahim akan ditransplantasi ke dalam rahim untuk menunggu embrio berkembang menjadi janin. Proses lain yang pada umumnya dilakukan yaitu dengan cara menyuntikkan sel sperma secara langsung ke dalam sel telur yang tentu saja dilakukan di laboratorium, lalu embrio yang sudah dihasilkan dipindahkan ke dalam rahim. Proses ini dikenal dengan istilah intracytoplasmic sperm injection (ICSI).

Donor sel sperma

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan ialah dengan cara mendonorkan sel sperma, sel telur atau juga donor embrio. Cara donor ini pada umumnya dilakukan pada proses pembuatan bayi tabung atau dengan prosedur inseminasi. Sedangkan, sel telur yang didapatkan dari pendonor dapat dibuahi oleh sel sperma pasangan sedangkan embrio yang dihasilkan dapat ditanam di dalam rahim.

Cara yang disebut sebagai cara terakhir yang digunakan untuk mendapatkan kehamilan ialah dengan cara surrogacy yakni memakai ibu pengganti. Dalam hal ini yakni meminjam rahim wanita lain dalam mengembangkan janin. Setelah dilahirkan, bayi tersebut akan diberikan kepada wanita yang meminjam rahim tersebut. Namun, perlu Anda ingat untuk menjalankan alternati ini tentunya dibutuhkan kesepakatan diantara kedua belah pihak. Artinya, jangan sampai demi mendapatkan keturunan, Anda merugikan salah satu pihak.

Cara Lain Sebagai Pendukung Program Hamil

Selain beberapa terapi kesuburan di atas tentunya ada cara lain yang dapat dilakukan oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Bahkan cara ini disebut sebagai cara alami dalam menunjang program hamil. Beberapa cara tersebut diantaranya:

Akupuntur

Mungkin Anda sudah mengetahui akan terapi yang satu ini. Beberapa penelitian juga sempat menghubungkan akupuntur dengan konsepsi. Banyak ahli kedokteran Cina yang percaya bahwa terapi akupuntur ini dapat membantu fertilitas pada pasangan dengan metode alami. Selain itu, para dokter juga menyatakan bahwa akupuntur memang menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres pada pasangan. Namun juga, para dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan terapi ini. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan kita dalam mendapatkan keturunan.

Konsumsi makanan sehat

Bagaimanapun juga makanan sehat memang menjadi salah satu alternatif alami yang dapat dilakukan oleh setiap orang dengan mudah. Hal ini dikarenakan makanan sehat menjadi cara alami yang sangat aman dan juga dapat merangsang kehamilan. Beberapa para ahli juga menyatakan bahwa pengaturan pola makan yang seimbang dapat sangat membantu dalam merangsang kehamilan.

Seperti sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Harvard yang melibatkan sekitar 17.000 partisipan. Dari hasil penelitian tersebut tentunya dapat disimpulkan bahwa makanan yang dapat merangsang kehamilan yakni:

– meningkatkan asupan protein dari kacang-kacangan dan juga sayuran

– mengonsumsi produk olaha susu yang tinggi lemak dalam jumlah yang sedang seperti es krim, keju dan juga susu full cream.

– mengonsumsi lebih banyak serat, makanan rendah gula seperti gandum utut, buah dan sayura serta mengurangi karbohidrat olahan dan juga gula.

– mengonsumsi lemak tak jenuh ganda rantai tunggal seperti minyak zaitun serta mengurangi asupan lemak trans yang banyak ditemukan pada makanan yang siap saji.

Seorang peneliti bernama Jorge Chavarro, MD percaya bahwa pengaturan pola makan akan memberikan perubahan yang cukup positif karena sebagian besar orang mengalami gangguan ovulasi. Hal ini tentunya jika kemungkinan wanita mengalami Sindroma Plikistik Ovarium yang tidak terdiagnosa atau yang sifatnya subklinis. Yakni suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya resistensi insulin yang dapat pula mempengaruhi ovulasi. Selain itu, menurut Chavarro bahwa pengaturan diet dan juga pola makan dapat sangat membantu mengatasi gangguan ovulasi.

Menjalankan beberapa alternatif program hamil memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Bagaimanapun juga, program hamil memang menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan demi mendapatkan keturunan. Itulah beberapa alternatif lengkap pendukung program hamil yang dapat Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!