Suami Wajib Melakukan Tips dan Cara Ini Agar Istri Cepat Hamil

Diposting pada

Agar Istri Cepat Hamil – Kehamilan tentunya bisa terjadi jika kedua pasangan sama-sama memiliki beberapa kriteria untuk mendapatkan kehamilan. Tidak hanya istri, suami juga wajib melakukan beberapa hal demi mendapatkan keberhasilan dalam menjalankan program hamil. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa hal yang wajib suami lakukan agar istri cepat hamil!

Kehamilan memang menjadi keinginan setiap pasangan yang sudah menikah. Bagaimanapun juga, memiliki keturunan akan membuat kehidupan rumah tangga Anda menjadi lebih hidup dan juga bahagia. Untuk mendapatkan kehamilan tentunya didukung oleh kedua pihak. Tidak hanya istri, suami juga harus melakukan hal-hal yang memang menjadi satu kewajiban agar mendapatkan kehamilan dengan mudah dan juga cepat. Tentunya, ini menjadi tugas yang paling penting bagi Anda sebagai suami untuk melakukan usaha dalam mendapatkan kehamilan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa suami memang lebih ibu dari seorang istri. Namun, jika diatur dengan baik, maka tidak ada yang tidak mungkin bagi suami untuk bisa melakukan hal-hal tersebut. Hal ini dikarenakan peran suami juga sangatlah penting untuk mendapatkan kehamilan. Tidak perlu repot-repot, hanya dengan melakukan beberapa kebiasaan hidup dan juga prilaku sehari-hari. Tentunya, ini menjadi satu langkah bagi Anda untuk mendapatkan keberhasilan dengan cepat. Baca juga: Penting! Ketahui Pengaruh Usia Terhadap Kesuburan

Agar Istri Cepat Hamil

agar istri cepat hamil

Pada umumnya, ketika satu pasangan menjalankan program hamil perhatian dan juga kebiasaan yang diubah difokuskan pada istri. Akan tetapi sebanarnya, peran dan juga kebiasaan suami juga memang menjadi faktor yang cukup penting untuk mendapatkan kehamilan. Faktanya, memang proses kehamilan terjadi karena adanya dua pihak dalam satu pasangan yang saling mendukung satu sama lain. Untuk itu, tidak aneh jika kehamilan seorang istri harus pula didukung oleh suami.

Mulai dari prilaku dan juga kebiasaan tentunya menjadi poin penting bagi suami dalam mendukung kehamilan. Jangan pernah salah kaprah dan membiarkan istri berjuang sendiri untuk mendapatkan kehamilan, padahal faktor terpenting lainnya juga berada pada suami. Maka dari itu, jika Anda ingin menjadi seorang ayah dengan cepat, berikut beberapa hal yang wajib Anda lakukan agar istri cepat hamil dengan mudah! Lihat juga: Inilah Fakta Mengenai Gangguan Kesuburan Pada Pria Gemuk

Periksakan Diri Ke Dokter

Tidak hanya istri yang harus rutin memeriksakan diri ke dokter, ternyata suami juga wajib melakukan pemeriksaan diri ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan juga kesuburan dari pria. Ini tentunya menjadi faktor yang cukup penting untuk mendukung keberhasilan kehamilan Anda. Untuk itu, mulailah untuk membuat janji dengan dokter yang memang percayai. Dokter yang Anda pilih tentunya harus profesional dan memiliki fokus pemeriksaan seputar sistem reproduksi pria. Biasanya, dokter akan memfokuskan pemeriksaan pada masalah ereksi, ejakulasi, kehilangan libido, penyakit kronis dan juga beberapa obat tertentu yang biasanya Anda konsumsi.

Untuk melakukan pemeriksaan tersebut, dokter akan mendiagnosis beberapa kondisi dalam seputar kesuburan pada pria. Beberapa kondisi tersebut yang perlu diperhatikan ialah sebagai berikut:

Infeksi Menular Seksual (IMS)

Pemeriksaan pertama yang menjadi fokus dokter dalam memeriksa kesehatan tubuh pria ialah terjangkit atau tidaknya infeksi menular seksual. IMS ini tentunya bisa menyebabkan infertilitas pria sehingga harus menjalani beberapa pengobatan yang cukup tepat jiak diperlukan.

Varikokel

Istilah ini ialah untuk mendefinisikan adanya pembesaran darah yang terjadi pada skrotum (kulit yang menutupi testis). Varikokel ini tentunya menghalangi mekanisme pendinginan pada testis sehingga sangat memungkinkan sel sperma memproduksi jumlah yang sedikit, kurang bergerak dan bahkan cacat. Meskipun memang varikokel tidak berbahaya, namun tetap saja Anda hal ini perlu diwaspadai. Bagaimanapun juga, gangguan ini berhubungan dengan masalah kesuburan pada pria. Walaupun tidak ada yang tahu persis akan hubungan antara varikokel dan juga tingkat kesuburan pria, tetap saja kondisi ini perlu Anda waspadai sebaik mungkin.

Prostatitis

Masalah lain yang mungkin akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ialah kemungkinan adanya prostatitis yaitu radang prostat ataupun gondok yang tentunya menyebabkan testis menjadi lebih bengkak. Selain itu prostat dan juga gondok dapat menyebabkan infertilitas. Pada umumnya, dokter akan merujuk Anda kepada ahli urologi ataupun spesialis kesuburan pria untuk dilakukannya pengujian dan juga perawatan tambahan bagi Anda.

Selama melakukan pemeriksaan, beritahu dokter akan segala sesuatu yang Anda rasakan dan yang ingin Anda tanyakan. Hal ini tentunya memudahkan dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut akan kondisi tersebut. Selain itu, beritahu dokter Anda akan segala sesuatu yang Anda konsumsi dan juga jenis obat-obatan yang biasa Anda konsumsi. Ini tentunya snagat penting untuk mengindikasi apakha obat yang Anda konsumsi tersebut aman ataukah tidak.

Berikut beberapa jenis obat-obatan yang bisa mempengaruhi kualitas dan juga kuantitas sel sperma serta menyebabkan gangguan pada masalah kesuburan pria, diantaranya:

– Obat untuk pengobatan darah tinggi

– Obat dengan jenis antibiotik

– Steroid ataupun hormon terutama testosteron

– Beberapa jenis obat-obatan lainnya seperti obat untuk penyakit Crohn, kejang, tukak lambung, infeksi jamur dan juga ulcerative colitis.

Dalam beberapa kasus yang menimpa beberapa pria, dampak buruk akibat konsumsi obat-obatan tersebut akan berhenti ketika Anda tidak lagi mengonsumsi obat tersebut. Untuk itu memang penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keinginan Anda untuk menjadi seorang ayah. Selain itu, cari tahu juga apakah Anda bisa beralih untuk mengonsumsi jenis obat yang lainnya sebagai penggantinya.

Meskipun dirasa obat herbal dan juga suplemen tidak akan berdampak buruk dan juga berbahaya. Namun tetap saja dokter akan memutuskan obat-obatan tersebut akan mengganggu kesuburan Anda dan kurangnya kemampuan bagi Anda untuk menjadi seorang ayah. Selain itu, pastikan Anda menanyakan kepada dokter apa bahaya yang mungkin akan timbul yang disebabkan oleh lingkungan pekerjaan dan juga tempat lain. Beberapa sumber bahaya yang memiliki peluang besar untuk mengganggu kesuburan pria diantaranya logam berat, paparan pestisida dan juga pelarut organik.

Ketahui Riwayat Kesehatan Keluarga Anda

Selain memeriksakan diri Anda ke dokter, tentunya sangat penting juga bagi Anda untuk mengetahui kesehatan keluarga Anda. Hal yang paling penting bagi Anda dalam mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda seperti adanya gangguan pendarahan, down syndrome, cystic fibrosis dan juga anemia sel sabit. Beberapa kondisi tersebut tentunya sangat penting untuk Anda ketahui karena bagaimanapun juga riwayat kesehatan keluarga Anda akan turun kepada Anda dan akan berkaitan dengan latar belakang etnis.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui dan juga memeriksa apakah ada anggota yang mengalami keterlambatan perkembangan ataupun pertumbuhan dan cacat intelektual. Hal tersebut tentunya apakah adanya cacat anatomi seperti tabung saraf ataukah cacat yang dialami oleh jantung. Selain itu, Anda dan juga pasangan wajib menjalankan konseling genetik yang tentunya bisa membantu Anda untuk mencari tahu risiko yang kemungkinan akan Anda hadapi. Dan juga beberapa pertimbangan yang cukup baik untuk melakukan tes skrining sebelum Anda memulai untuk melakukan program hamil.

Periksa Lingkungan Tempat Anda Bekerja

Selain lingkungan rumah yang harus bersih, lingkungan tempat kerja juga menjadi salah satu faktor pria mengalami gangguan kesuburan. Bahaya yang mungkin berasal dari lingkungan tempat Anda bekerja seperti bahan kimia seperti pelarut organik, paparan pestisida, dan juga bahan kimia lainnya. Selain itu, bahan kimia juga memiliki efek yang cukup berbahaya bagi janin karena akan menyebabkan kelahiran prematur dan juga cacat lahir.

Hal ini dikarenakan butuh waktu selama 3 bulan bagi sel sperma untuk tumbuh dan juga berkembang sepenuhnya. Untuk itu, batasi paparan zat kimia terutama yang langsung berhubungan dengan tubuh Anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa pria memang lebih hobi dalam melakukan aktivitas yang berhubungan dengan bahan kimia seperti memperbaiki mobil, melukis, bengkel, membuat maket bangunan, atau ativitas lain yang berhubungan dengan minyak pelumas dan juga lem yang berbasis non-cair sehingga membuat Anda terpapar zat yang sangat berbahaya. Selain itu, hobi Anda membuat tembikar dan juga menembak mengharuskan Anda untuk terekspose dengan logam berat yang berbahaya.

Stok Makanan Yang Sehat

Tentunya, tidak hanya seorang istri yang harus mengonsumsi makanan yang sehat. Namun Anda juga sebagai suami harus memiliki kesadaran yang cukup baik untuk melakukan gaya hidup sehat juga dengan konsumsi yang sehat. Dengan menjalankan pola dan juga gaya hidup sehat, tentunya Anda dapat dengan mudah menjaga sel sperma menjadi lebih sehat pula. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda akan menjadi lebih baik dan juga terjaga.

Beberapa studi tentunya menunjukkan bahwa antioksidan tertentu seperti vitamin E dan juga C dapat membantu meningkatkan kualitas dan juga kuantitas sel sperma. Namun, ada baiknya jika Anda mengonsumsi suplemen tertentu dan juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan rekomendasi makanan dan juga minuman yang akan Anda konsumsi. Hal ini juga dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dan juga E justru akan merusak DNA dari sel sperma Anda. Dalam hal ini, menu makanan yang sehat tentunya buah-buahan dan juga sayuran dan juga multivitamin yang tentunya dapat meningkatkan kualitas di dalam sel sperma.

Selain itu, biji-bijian, protein dan juga susu rendah lemak akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan sel sperma. Mengonsumsi makanan yang sehat tentunya bisa membantu Anda untuk mempertahankan berat badan yang ideal. Kelebihan berat badan tentunya dapat menurunkan kadar testosteron, mengurangi kesuburan dan juga memperburuk kualitas serta kuantitas sel sperma. Sebuah studi tentunya menemukan bahwa risiko kemandulan dapat meningkat sekitar 10% setiap 20 pon dari kelebihan berat badan.

Jangan Mandi Dengan Menggunakan Air Panas

Selain istri, suami juga perlu menghindari dengan kebiasaan mandi menggunakan air panas seperti berendam dan juga sauna. Hal ini dikarenakan suhu panas dapat membunuh sel sperma. Untuk itu, Anda sebagai suami harus benar-benar menghindari mandi dengan air panas terutama ketika akan menjalankan program hamil. Jika sel sperma sudah mati tentunya akan butuh waktu yang cukup lama bagi sel sperma untuk beregenerasi kembali dan juga memproduksi sel sperma yang kembali normal.

Hindari Bersepeda Terlalu Lama

Bersepeda memang menjadi satu kebiasaan yang cukup menyenangkan, nmaun Anda harus juga menghindari bersepeda dalam waktu yang cukup lama. Hal ini karena jika Anda terlalu lama duduk di atas sadel sepeda, maka akan jumlah sel sperma Anda dan juga volumenya lebih menurun. Anda juga tentunya harus mennghindari memakai celana pendek yang terlalu ketat untuk bersepeda. Tentunya, ini disebabkan testis pria menggantung di luar tubuh sehingga testis membutuhkan udara yang lebih dingin dibandingkan dengan suhu tubuh mereka. Bagi Anda yang suka bersepeda, alangkah baiknya jika Anda memakai celana yang longgar dan juga sadel sepeda yang paling lembut.

Gunakan Celana Dalam Model Boxer

Selain menghindari bersepeda terlalu lama dan juga mandi dengan air panas, satu hal lain yang harus Anda hindari ialah memakai celana dalam yang ketat. Hal ini dikarenakan celana dalam yang ketat akan membuat suhu pada testis Anda menjadi lebih panas sehingga sangat memungkinkan untuk menurunkan kualitas dan juga kuantitas sel sperma yang ada di dalam tubuh pria.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda memilih celana dalam dengan model boxer. Bagaimanapun juga, CD boxer memberikan keunggulan yang lebih dibandingkan dengan SB jenis biasa. Selain itu, sifatnya yang tidak ketat dan juga tidak menimbulkan suhu panas di dalam CD.

Hindari Pesta

Tidak dapat dipungkiri bahwa pria kerap melakukan berbagai aktivitas di luar rumah dengan sekedar berkumpul dengan teman-temannya selepas pulang kerja. Tidak jarang pula pria yang kerap merokok dan meminum alkohol untuk sekedar melepas penat. Namun, perlu Anda tahu bahwa kebiasaan tersebut merupakan salah satu tanda dimana Anda tidak akan mendapatkan keberhasilan dalam menjalankan program hamil.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang kerap merokok, meminum alkohol dan juga mengonsumsi obat-obatan memiliki peluang menurunnya jumlah dan kualitas sel sperma serta akan memperlambat motilitasnya. Dengan kata lain jika Anda ingin mendapatkan keberhasilan dalam mendapatkan kehamilan. Secara otomatis, Anda harus menghindari bahkan menghentikan kebiasaan Anda meminum alkohol, merokok dan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Kebiasaan buruk ini memang seyogianya harus Anda hentikan sekarang juga.

Selain berbahaya bagi pasangan Anda, asap rokok juga memiliki peluang untuk memberikan efek negatif bagi janin di dalam kandungan. Asap rokok sangat berbahaya, bahkan ketika Anda mengunyah rokok akan memperburuk kualitas dan juga kuantitas sel sperma. Damapk buruk dari rokok, alkohol dan obat-obatan akan memiliki dampak yang sama pula terhadap produksi sel telur.

Bersantai

Kata ini pastinya diinginkan oleh setiap orang, bukan? Untuk itu, setelah Anda bekerja ataupun memiliki waktu yang cukup luang. Sebaiknya Anda gunakan waktu tersebut untuk beristirahat dengan keluarga dan hindari untuk melakukan aktivitas yang berat dan juag aktivitas di luar ruangan dengan teman-teman. Meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat, namun akan lebih baik jika Anda beristirahat dan juga bersantai dengan keluarga di rumah pada akhir pekan.

Hindari stress karena keberhasilan dalam program hamil belum juga nyata. Anda lebih baik mengisi waktu luang dengan berjalan-jalan dengan keluarga, memancing ataupun piknik. Cara ini tentunya dapat menghindarkan Anda dari rasa stres yang kerap menyerang Anda. Bersantai di rumah dengan keluarga sedikitnya akan memberikan stimulus pada otak Anda untuk bersantai.

Memang menjalankan program hamil tidak semudah yang dibayangkan. Akan tetapi dengan usaha dan juga ikhtiar kita akan menjadi cara yang lebih jitu untuk mendapatkan keberhasilan. Itulah beberapa hal yang wajib suami lakukan agar istri cepat hamil. Semoga berhasil!