Agar Cepat Hamil, Persiapan Fisik Ini Dapat Anda Lakukan

Diposting pada

Persiapan Fisik Agar Cepat Hamil – Pasangan yang belum dikaruniai buah hati tentu sangat menanti-nanti kehamilan. Berbagai cara dan upaya dilakukan agar kehamilan segera terwujud. Nah, sebelum anda mulai mencoba hamil persiapan fisik dapat dilakukan untuk kehamilan sukses. Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini dalam mempersiapkan tubuh menjelang kehamilan.

Persiapan fisik agar cepat hamil

Persiapan Fisik Agar Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan

Ketika anda sedang berusaha hamil, menjaga kondisi tubuh selalu bugar dapat membantu prosesnya. Tidak hanya membantu meningkatkan kesuburan, kondisi tubuh sehat menjadi tempat yang baik untuk si kecil berkembang. Berikut ini beberapa persiapan fisik yang dapat dilakukan supaya cepat hamil.

Menjaga Berat Badan

Memiliki indeks massa tubuh normal baik untuk kesehatan. Selain itu, juga menjadi salah satu kunci agar cepat hamil. Kelebihan atau kekurangan berat badan akan dapat menyebabkan risiko mengalami masalah kesuburan meningkat.

Dikatakan “sangat kurus” jika indeks massa tubuhnya kurang 18.5. Sedangkan indeks massa tubuh di atas atau lebih 30 poin termasuk obesitas. Keduanya akan dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus menstruasi, serta sulit ovulasi. Ketika anda sedang merencanakan kehamilan dan memiliki berat badan yang berlebih atau kurang, anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Olahraga dengan Teratur

Seperti yang kita ketahui, olahraga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Olahraga juga akan membantu perjalanan anda untuk hamil agar sukses. Berdasarkan penelitian menunjukan, melakukan olahraga dengan intensitas sedang, contohnya bersepeda santai atau jalan kaki, akan dapat mempercepat pembuahan. Akan tetapi, di sisi lainnya penelitian ini menunjukan, melakukan latihan yang berat seperti bersepeda, berlari dan berenang dengan intens dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya konsepsi berkurang 42%.

Diperlukan penelitian lebih lanjut guna mencari tahu hubungan melakukan olahraga berat dengan kesuburan. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui olahraga yang tepat saat anda hendak menjalankan program hamil atau sedang mengusahakan kehamilan.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi. Anda harus menerapkan pola makan yang seimbang. Pola makan yang seimbang terdiri dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein dan produk susu akan dapat membantu fungsi sistem reproduksi meningkat. Selain itu, jika anda ingin cepat hamil beberapa zat gizi dapat anda konsumsi seperti :

  • Asam folat, wanita pada usia subur dapat mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg dalam per hari. Bisa didapatkan dari sayuran warna hijau gelap, sereal, kacang polong, jeruk dan roti yang sudah difortifikasi. Selain itu, anda bisa mengonsumsi suplemen dengan kandungan asam folat.
  • Kalsium, sebanyak setidaknya 1000 mg kalsium dalam per hari dapat dikonsumsi wanita usia reproduksi. Kalsium bisa didapatkan dari sumber makanan seperti yogurt, susu rendah lemak, tahu dan sayuran berwarna hijau gelap.
  • Vitamin prenatal, untuk vitamin prenatal dokter anda mungkin akan meresepkannya sesuai dengan kebutuhan.

Batasi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Jika anda ingin cepat hamil dan sedang berusaha agar cepat hamil, sebaiknya anda membatasi konsumsi kafein. Selain itu, konsumsi alkohol juga harus anda batasi.

Hilangkan Kebiasaan Merokok

Berdasarkan American Society of Reproductive Medicine menyatakan, wanita perokok akan lebih sulit hamil apabila dibandingkan wanita yang tidak merokok. Oleh karena itu, jika anda sedang mencoba hamil sebaiknya anda berhenti merokok.

Mengubah gaya hidup sangat penting dilakukan jika anda ingin cepat hamil. Menerapkan pola makan yang seimbang, melakukan olahraga dengan secukupnya, berhenti melakukan kebiasaan tidak sehat dapat membantu menurunkan risiko ketidaksuburan. Selain itu, untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut anda bisa berkonsultasi dengan dokter.