6 Cara Cepat Hamil Setelah KB Suntik

Diposting pada

Suntik KB merupakan alat kontrasepsi dengan model injeksi. Bagi anda yang ingin cepat hamil setelah KB suntik, penting untuk mengetahui apa saja cara cepat hamil setelah KB suntik ini.

Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan, terlebih lagi kehamilan anak pertama. Akan tetapi, setelah mendapatkan anak pertama atau setelah dirasa cukup memiliki anak, biasanya banyak pasangan yang menunda kehamilan berikutnya dengan memakai KB atau alat kontrasepsi.

Untuk menunda kehamilan, beberapa metode kontrasepsi dapat menjadi pilihan. Salah satu metode kontrasepsi yang biasanya banyak dipilih yaitu suntik KB.

Cara Cepat Hamil Setelah KB Suntik

Jenis KB Suntik

Di Indonesia itu sendiri, KB suntik terdapat dua jenis berdasarkan jangka waktu yang biasanya sering digunakan, yakni KB suntik 1 bulan dan KB suntik 3 bulan.

  • KB Suntik 1 Bulan

KB suntik 1 bulan, disuntikan setiap 1 bulan atau 30 hari sekali. Suntik KB 1 bulan mengandung kombinasi antara hormon estrogen dan hormon porgestin, serta kadar progestin lebih rendah.
Suntik KB 1 bulan ini bekerja dengan menghentikan pelepasan sel telur dari rahim, serta membuat cairan pada vagina menebal untuk mencegah pertemuan antara sperma dengan sel telur. Tidak hanya itu, suntik KB 1 bulan ini juga akan membuat dinding rahim menjadi tipis sehingga akan mempersulit implantasi sel telur. Apabila KB suntik tidak terlambat diberikan, maka menunda kehamilan dengan KB suntik ini akan efektif.

  • KB Suntik 3 Bulan

KB suntik 3 bulan mengandung hormon progestin. Suntik KB 3 bulan ini sesuai namanya dilakukan setiap 3 bulan sekali. Biasanya suntikan yang diberikan pada lengan atas atau bokong. Bahkan suntikan juga bisa diberikan pada lapisan kulit di area paha atas atau perut. Untuk mencegah kehamilan, KB 3 bulan ini melepaskan hormon progestin dalam pembuluh darah.

Progestin itu sendiri merupakan hormon yang serupa dengan hormon progesteron, yakni hormon yang diproduksi oleh ovarium. Dalam KB suntik 3 bulan, hormon progestin ini bekerja dengan menghentikan lepasnya sel telur ke rahim, sehingga akan mencegah terjadinya pembuahan. Tidak hanya itu, hormon ini akan mencegah sperma untuk mencapai sel telur, menebalkan cairan vagina, menipiskan dinding rahim untuk mencegah pertumbuhan janin.

Apa Kelebihan dari KB Suntik?

Bagi sebagian wanita, KB suntik merupakan pilihan yang terbaik untuk mencegah kehamilan. KB ini diketahui tahan lama, bahkan terbukti efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan. KB suntik itu sendiri terbilang praktis dan tidak merepotkan, lain halnya dengan KB pil yang harus dikonsumsi setiap hari.

Hanya saja, KB suntik mengandung zat hormon dengan tingkat pelepasan yang lamban ke dalam darah. Karena seperti itu, agar bisa menghilangkan pengaruhnya dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga benar-benar bersih dari pengaruh dan kesuburan kembali normal seperti sebelumnya. Akan tetapi, sulit menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan pengaruh dari KB suntik, karena pada umumnya keadaan pada setiap wanita berbeda-beda.

Selain itu, masalah lainnya yang kerapkali dialami oleh wanita setelah KB suntik yaitu siklus menstruasi yang tidak teratur. Keadaan ini membuat mereka kesulitan dalam memprediksi waktu yang tepat berovulasi, sehingga sulit menentukan kapan berhubungan intim untuk mendapatkan anak lagi.

Apa Efek Samping KB Suntik?

Bagi wanita yang sudah melakukan KB suntik dalam waktu yang cukup lama biasanya berhenti menstruasi. Efek yang akan dirasakan dari KB suntik yaitu sulitnya menentukan kapan anda berovulasi. Diketahui, efek dari sekali suntikan bisa bertahan sampai 8 bulan. Sampai pengaruh suntik KB ini hilang, anda tidak akan berovulasi.

Setelah Berhenti KB Suntik, Apakah Bisa Cepat Hamil?

Bagi anda yang ingin hamil lagi setelah KB suntik, maka anda harus menunggu sekitar 4 sampai 10 bulan. Bahkan, bisa hingga 2 tahun sejak diberikannya suntikan terakhir supaya tubuh anda kembali pada kondisi semula sebelum melakukan KB suntik. Intinya, peluang anda akan besar setelah 4 bulan anda berhenti KB suntik.

Seberapa lama anda melakukan KB suntik tidak akan berpengaruh terhadap waktu yang diperlukan supaya anda bisa kembali hamil lagi setelah berhenti KB suntik. Meskipun anda hanya disuntik 1 kali, akan tetapi efek atau pengaruh dari KB suntik itu sendiri akan bertahan sama halnya dengan wanita yang sudah melakukan KB suntik dalam waktu yang lama.

Lantas, Bagaimana Cara Cepat Hamil Setelah KB Suntik?

  • Hindari Stres

Agar cepat hamil setelah berhenti KB suntik yang paling utama yaitu dengan mengembalikan keseimbangan hormon supaya kesuburan alami akan kembali normal pada wanita. Dalam upaya untuk mengembalikan keseimbangan hormon, salah satu caranya yaitu dengan menghindari stres. Stres akan berpengaruh pada keseimbangan hormon. Jika hormon tidak seimbang maka akibatnya akan membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Yang mana dampaknya akan mempengaruhi tingkat kesuburan.

  • Frekuensi Berhubungan Intim

Agar cepat hamil, ketika masa subur berlangsung idealnya pasangan melakukan hubungan intim sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Jika frekuensi berhubungan intim semakin sering, maka peluang untuk cepat hamil akan semakin besar.

  • Tingkat Kesuburan Suami

Agar terjadi proses pembuahan, salah satu hal yang paling penting yang perlu diperhatikan yaitu tingkat kesuburan suami. Untuk mengetahui tingkat kesuburan suami caranya yaitu dengan menganalisa sperma. Akan tetapi, untuk mengetahui dengan pasti hasilnya, anda bisa langsung melakukan pengecekan pada dokter spesialis.

  • Terapkan Pola Makan yang Sehat dan Tepat

Apabila anda ingin segera hamil setelah berhenti KB suntik, maka anda harus membenahi pola makan anda. Terapkanlah pola makan yang sehat dan tepat. Jika sebelumnya anda menerapkan pola makan yang tidak sehat, maka untuk sekarang ini anda bisa membenahinya. Konsumsi makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang. Hindari beberapa jenis makanan tertentu yang tidak sehat. Makanan yang harus anda hindari di antaranya yaitu makanan olahan dan makanan cepat saji. Untuk meningkatkan peluang hamil setelah berhenti KB suntik, anda harus mencukupi waktu istirahat dan menghindari stres.

  • Menjaga Agar Tubuh Tetap Bugar

Penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar anda bisa cepat hamil lagi setelah KB suntik. Anda bisa mendapatkan kesehatan dan kebugaran tubuh dari asupan makanan dengan gizi yang seimbang. Selain makanan yang harus diperhatikan, anda juga harus melakukan kegiatan fisik atau olahraga.Olahraga merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan fit.

  • Melacak Siklus Ovulasi

Cobalah untuk mempelajari bagaimana caranya melacak siklus ovulasi anda. Melacak siklus ovulasi akan menjadi lebih mudah jika siklus menstruasi anda teratur. Anda bisa mencoba mengcek ovulasi saat menjelang pertengahan siklus menstruasi yang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Anda dapat mengetahui apakah ovulasi anda teratur atau justru sebaliknya, sehingga anda akan tahu kapan waktunya yang tepat untuk berhubungan intim agar cepat hamil.

Untuk membantu kesuburan, anda bisa mengkonsumsi makanan atau suplemen penyubur kandungan. Namun, dalam hal ini anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Demikian beberapa cara cepat hamil setelah KB suntik yang dapat anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *